Rabu, 08 April 2020

PEMANFAATAN MULTIMEDIA

TUGAS SOFTSKILL

PEMANFAATAN MULTIMEDIA











Nama         : Trilaksono Buwono Subiantoro

           Kelas          : 4IB04

           NPM          : 17416445










FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020









ABSTRAK

Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu. Multimedia kini telah merambah ke segala aspek kehidupan. Multimedia terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 5 komponen dalam multimedia berupa teks, audio, video, grafik, dan animasi. Berdasarkan karakteristiknya, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.

Perkembangan teknologi digital turut mendukungnya. Kemajuan ini memberikan manfaat luar biasa. Multimedia dimanfaatkan di segala bidang untuk berbagai keperluan, di antaranya sebagai sarana Informasi berupa instansi pelayanan publik lebih mudah menyebarkan informasi dengan multimedia. Hanya memerlukan infrastruktur perangkat yang memadai untuk dipasang di lokasi strategis. Di mana publik bisa langsung mengakses dan memperoleh informasi dengan mudah. Yang kedua yaitu sebagai media pembelajarandi sekolah, multimedia akan menjadi media pembelajaran yang efektif. Selama ini metode pengajaran dianggap monoton dan membosankan. Dengan sarana multimedia, ilmu dapat disampaikan secara lebih menarik sehingga anak didik mudah mengingatnya. Dan yang ketiga yaitu untuk memajukan ilmu kesehatanbeberapa tahun yang lalu, seorang ibu hamil baru bisa mengetahui secara pasti jenis kelamin jabang bayinya setelah lahir. Namun dengan perkembangan multimedia di bidang kesehatan, fenomena tersebut kini malah menjadi hal yang langka.

Pada era digital seperti sekarang, tentu saja multimedia sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam kegiatan di berbagai bidang. Tanpa multimedia, kegiatan kita akan terhambat dan produktivitas kita tidak akan maksimal. Maka dari itu kita butuh untuk memanfaatkan multimedia disetiap kegiatan untuk meningkatkan produktivitas. Kini multimedia telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti Teknik, Kedokteran, Bisnis, Hiburan, Pendidikan, Pertanian, dll.























PENDAHULUAN


         Dalam hidup, manusia senantiasa memiliki kebutuhan untuk berhubungan dengan manusia lainnya. Sebagai manusia kita memiliki rasa ingin tahu akan kondisi lingkungan sekitar, dan kondisi sosial didalamnya. Rasa ingin tahu ini yang mendorong manusia untuk berkomunikasi satu sama lain.

            Sebagai makhluk sosial, kini intensitas komunikasi yang dilakukan antar manusia semakin tinggi. Ada banyak faktor yang menyebabkan tingginya intensitas dalam komunikasi ini, diantaranya faktor pekerjaan, faktor pendidikan, dan lainnya. Komunikasi pun tidak hanya dilakukan antar dua individu, tetapi dilakukan antar individu dalam suatu kelompok. Dan untuk menunjang komunikasi ini dibutuhkan sebuah media yang mampu memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Multimedia dapat dijadikan metode utama yang dapat digunakan. Multimedia dapat menambah efektifitas dan memudahkan komunikasi antar manusia.

Saat   ini aplikasi multimedia   telah   menjadi  suatu  kebutuhan,   bagi  kalangan   bisnis ataupun   kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini, informasi tidak cukup hanya  melalui teks  dan grafik  saja.  Sekarang informasi mencakup  kelengkapan  teks, grafik,  animasi,  gambar dan audio/video. Audio/video, gambar, teks, grafik serta animasi   telah   diaplikasikan dalam   berbagai  bidang, misalnya  untuk  bidang promosi  maupun pendidikan yang dapat digunakan sebagai alat tutorial yang canggih. 

Selain   itu, kemajuan   yang  demikian   pesat   dalam teknologi Telekomunikasi    dan   dan    Informatika (Telematika),    mendorong manusia untuk selalu merasa “ingin tahu” dan ingin mengetahu informasi secara  cepat. Teknologi  yang memungkinkan  untuk 
hal itu adalah melalui media internet. Dengan menggabungkan   teknologi  internet   serta multimedia dapat  dihasilkan sebuah  aplikasi yang  bersifat mudah disebarkan, interaktif serta dapat melakukan kolaborasi. Secara    teknis,   pengertian multimedia adalah penggunaan    komputer   untuk    menampilkan    dan mengkombinasikan  text, graphics,  audio,  video dan 
animasi  dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan  pemakai untuk melakukan  navigasi, berinteraksi,    membuat,   dan    berkomunikasi atau berkolaborasi.

















ISI


     I.        Pengertian Multimedia [2]

Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua kata, yaitu multi dan media. Multi banyak, sedangkan media artinya adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan (perantara). jadi multimedia adalah perantara pesan yang terdiri lebih dari 1 elemen atau banyak.
Dalam pengertian lain, Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu. 

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli [3]:

   Menurut McCormick (1996)Multimedia adalah kombinasi tiga elemen, suara, gambar.
   Menurut Rosch (1996)Multimedia sebagai kombinasi dari komputer dan video.
   Menurut Gumelar (2014)Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools (alat bantu) dan link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya dan berkomunikasi.
   Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.   Media ini   dapat  berupa  audio  (suara,  musik),  animasi,  video,  teks,  grafik  dan   gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
   Alat  yang  dapat  menciptakan  presentasi yang dinamis dan interaktif   yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin   dan Linda, 2001)
   Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter  2001 adalah:   pemanfaatan komputer untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks,   grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan   pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Sesuai dengan namanya, suatu media dapat dikatakan multimedia jika terdiri dari 2 atau lebih elemen. Sebagai contoh, sebuah brosur dapat dikatakan multimedia karena ia terdiri dari elemen teks dan gambar. Sebuah video klip dapat dikatakan media karena terdapat unsur suara, gambar atau juga teks. Ini berbeda dengan misalnya rekaman suara kaset. Ia tidak bisa dikatakan multimedia karena hanya mengandung 1 elemen, yakni suara [2].

  II.        Manfaat Multimedia [1]

Multimedia kini telah merambah ke segala aspek kehidupan. Perkembangan teknologi digital turut mendukungnya. Kemajuan ini memberikan manfaat luar biasa. Multimedia dimanfaatkan di segala bidang untuk berbagai keperluan, di antaranya :

1. Sarana Informasi Umum

Instansi pelayanan publik lebih mudah menyebarkan informasi dengan multimedia. Hanya memerlukan infrastruktur perangkat yang memadai untuk dipasang di lokasi strategis. Di mana publik bisa langsung mengakses dan memperoleh informasi dengan mudah.
Multimedia mulai banyak ditemukan di berbagai tempat, seperti hotel, stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, dan objek wisata tertentu. Tersedia perangkat multimedia yang menyebarkan informasi umum, tanpa pengunjung harus mendatangi saluran khusus.
Penerapan ini dapat memangkas waktu dan mengurangi pengeluaran untuk personel bagian informasi. Meski masih akan diperlukan tenaga khusus untuk menyampaikan informasi yang lebih mendetail.

2. Media Pembelajaran

Di sekolah, multimedia akan menjadi media pembelajaran yang efektif. Selama ini metode pengajaran dianggap monoton dan membosankan. Dengan sarana multimedia, ilmu dapat disampaikan secara lebih menarik sehingga anak didik mudah mengingatnya.
Salah satu contoh penggunaan multimedia adalah pada tugas presentasi. Di mana peserta didik juga menggunakan media interaktif untuk mempresentasikan hasil belajar menggunakan laptop dan proyektor.
Di sisi lain, multimedia pun menjadi sarana yang tepat untuk mengetahui minat peserta didik. Peserta didik memiliki kebebasan dalam memilih bidang kegemarannya, belajar sesuai kehendaknya, sehingga lebih aktif mendapatkan pendidikan.
Meskipun begitu, multimedia tak lantas menghilangkan peranan para pendidik. Peserta didik yang aktif masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru dan orang tua, agar mereka memperoleh pembelajaran yang positif.

3. Memajukan Ilmu Kesehatan

Beberapa tahun yang lalu, seorang ibu hamil baru bisa mengetahui secara pasti jenis kelamin jabang bayinya setelah lahir. Namun dengan perkembangan multimedia di bidang kesehatan, fenomena tersebut kini malah menjadi hal yang langka.
Penemuan peranti pemindai, USG, membuat dokter dapat mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Salah satunya dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Inilah salah satu contoh pemanfaatan multimedia di ranah medis dan kesehatan.
Peranti USG bukan satu-satunya perangkat multimedia yang dimanfaatkan dalam kedokteran. Pemindai X-ray adalah yang lainnya, di mana menjadi sarana penting bagi dokter untuk mendiagnosis gangguan kesehatan pada pasiennya.
Berbagai penemuan penting berbasis multimedia di bidang kedokteran memudahkan tenaga medis dalam pemeriksaan kesehatan. Sehingga kemudian tenaga medis bisa menentukan penanganan paling tepat untuk para pasien. 


III.        Pemanfaatan Multimedia Dalam Berbagai Bidang[2]

Pada era digital seperti sekarang, tentu saja multimedia sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam kegiatan di berbagai bidang. Tanpa multimedia, kegiatan kita akan terhambat dan produktivitas kita tidak akan maksimal. Maka dari itu kita butuh untuk memanfaatkan multimedia disetiap kegiatan untuk meningkatkan produktivitas. Berikut adalah contoh pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :

1.     Teknik
Dalam bidang teknik, multimedia seringkali dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik sipil, teknik industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro, multimedia ini dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang.
2.     Kedokteran
Multimedia pada dunia kedokteran digunakan untuk menggambarkan gelombang detak jantung, scanning tubuh manusia menggunakan sinar X, dan juga penggambaran objek berukuran sangat kecil menggunakan mikroskop yang terhubung ke komputer. Bahkan, multimedia saat ini juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan sistem di rumah sakit ataupun apotik, misalnya sebagai untuk mengelola stok obat.

3.     Bisnis
Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat. Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar atau animasi secukupnya, maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
4.     Hiburan
Siapa yang suka bermain game? Nah, jika kamu termasuk di antaranya, sebenarnya secara tidak langsung kamu sedang memanfaatkan multimedia. Tidak hanya game digital saja, jika kamu sedang menonton video atau film sekalipun, sebenarnya kamu sedang memanfaatkan multimedia.
5.     Pendidikan
Tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan multimedia untuk keperluan presentasi, dalam dunia pendidikan, multimedia juga digunakan oleh tenaga pengajar sebagai media penyampaian materi. Hal ini, akan membuat murid dapat semakin mudah menangkap materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar, karena tampilannya menarik dan tidak membuat ngantuk.
6.     Pertanian[3]
6.1 Pengumpulan Bahan Mentah (Raw Material)

Melakukan pengumpulan bahan mentah (raw material)   seperti: clipart, gambar, animasi, video, berikut  pembuatan grafik,  foto,  audio, dan  lain-lain yang diperlukan untuk tahap berikutnya. Bahan yang diperlukan dalam pengembangan multimediainformasi pertanian diperoleh dari sumber-sumber seperti: 
-      video  shooting, library dan bahan yang sudah ada pada pihak nara sumber. 
-      Pengumpulan raw  materialdapat dilakukan  paralel dengan tahap pembuatan (assemby).

6.2 Pembuatan Sistem 

Berdasarkan hasil  analisa, desain  dan bahan  material yang  didapat selanjutnya  dapat dilakukan  pembuatan sistem yang meliputi:
-      Mengintegrasikan seluruh material yang ada;
-      Pembuatan   aplikasi  berdasarkan   diagram   alir, storyboard,  struktur navigasi  atau  diagram objek yang berasal dari tahap disain;
-      Menggunakan  perangkat lunak authoring yang mempunyai fitur: pembuatan  disain,flowchart, programming, audio/video editing dan digital imaging.

6.3 Uji Coba Sistem

Setelah dilakukan penyusunan sistem maka dilakukan testing / uji coba sistem bersama narasumber dengan tujuan  untuk mengetahui  masih  ada atau  tidaknya kesalahan program,  kekurangan atau  ketidakefisienan sistem yang disusun, kemudian dilakukan penyempurnaan program.

6.4 Distribusi Sistem

Untuk  aplikasi    sistem    berbasis stand alone di distribusikan melalui media CD atau DVD, sedangkan yang  berbasis   jaringan   komputer  di   distribusikan melalui internet/intranet. Tahap  distribusi ini  dapat dijadikan sebagai tahap    evaluasi   suatu produk multimedia, dengan harapan dapat   dikembangkan sistem multimedia yang lebih baik di kemudian hari.

6.5 Implementasi Sistem

Pusat  Data   dan   Informasi  Pertanian,   Departemen Pertanian  telah mengembangkan  beberapa aplikasi Multimedia  Informasi   Pertanian   dengan  berbagai format,  yaitu  : video  tutorial,  multimedia interaktif, web portal dan kiosk informas publik.











KESIMPULAN

Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu. Multimedia kini telah merambah ke segala aspek kehidupan. Perkembangan teknologi digital turut mendukungnya. Kemajuan ini memberikan manfaat luar biasa. Multimedia dimanfaatkan di segala bidang untuk berbagai keperluan, di antaranya sebagai sarana Informasi berupa instansi pelayanan publik lebih mudah menyebarkan informasi dengan multimedia. Hanya memerlukan infrastruktur perangkat yang memadai untuk dipasang di lokasi strategis. Di mana publik bisa langsung mengakses dan memperoleh informasi dengan mudah. Yang kedua yaitu sebagai media pembelajarandi sekolah, multimedia akan menjadi media pembelajaran yang efektif. Selama ini metode pengajaran dianggap monoton dan membosankan. Dengan sarana multimedia, ilmu dapat disampaikan secara lebih menarik sehingga anak didik mudah mengingatnya. Dan yang ketiga yaitu untuk memajukan ilmu kesehatanbeberapa tahun yang lalu, seorang ibu hamil baru bisa mengetahui secara pasti jenis kelamin jabang bayinya setelah lahir. Namun dengan perkembangan multimedia di bidang kesehatan, fenomena tersebut kini malah menjadi hal yang langka. Dalam bidang teknik, multimedia seringkali dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik sipil, teknik industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro, multimedia ini dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang. Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat. Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar atau animasi secukupnya, maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Dan dalam dunia hiburan multimedia juga digunakan dalam video. game, film, dan lainnya. Sedangkan dalam dunia pertanian, teknologi digunakan mulai dari proses pengumpulan bahan mentah, pembuatan sistem, uji coba sistem, distribusi sistem, dan implementasi sistem.





Daftar Isi

[1].           Nesabamedia. (2019, 9 September) Pengertian Multimedia dan Sejarah, Beserta Komponen dan Jenis-Jenis Multimedia. Diperoleh 17 Maret 2020, dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-multimedia/

[2].           Vivi. (2018, 20 Februari) Pemanfaatan Multimedia Dalam Berbagai Bidanng. Diperoleh 7 April 2020, dari http://www.dgspeak.com/pemanfaatan-multimedia-dalam-berbagai-bidang/

[3].           Eko Nugroho. (2009, 7 Agustus) DPemanfaatan Aplikasi Multimedia Sebagai Sarana Penyebarluasan Informasi dan Penyuluhan Pertanian Diperoleh 17 Maret 2020, darihttps://docplayer.info/32121324-Pemanfaatan-aplikasi-multimedia-sebagai-sarana-penyebarluasan-informasi-dan-penyuluhan-pertanian.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar