TUGAS SOFTSKILL
KLASIFIKASI MULTIMEDIA
Nama : Trilaksono Buwono Subiantoro
Kelas : 4IB04
NPM : 17416445
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
ABSTRAK
Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu. Multimedia kini telah merambah ke segala aspek kehidupan. Multimedia terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 5 komponen dalam multimedia berupa teks, audio, video, grafik, dan animasi. Berdasarkan karakteristiknya, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.
Perkembangan teknologi digital turut mendukungnya. Kemajuan ini memberikan manfaat luar biasa. Multimedia dimanfaatkan di segala bidang untuk berbagai keperluan, di antaranya sebagai sarana Informasi berupa instansi pelayanan publik lebih mudah menyebarkan informasi dengan multimedia. Hanya memerlukan infrastruktur perangkat yang memadai untuk dipasang di lokasi strategis. Di mana publik bisa langsung mengakses dan memperoleh informasi dengan mudah. Yang kedua yaitu sebagai media pembelajarandi sekolah, multimedia akan menjadi media pembelajaran yang efektif. Selama ini metode pengajaran dianggap monoton dan membosankan. Dengan sarana multimedia, ilmu dapat disampaikan secara lebih menarik sehingga anak didik mudah mengingatnya. Dan yang ketiga yaitu untuk memajukan ilmu kesehatanbeberapa tahun yang lalu, seorang ibu hamil baru bisa mengetahui secara pasti jenis kelamin jabang bayinya setelah lahir. Namun dengan perkembangan multimedia di bidang kesehatan, fenomena tersebut kini malah menjadi hal yang langka.
Pada era digital seperti sekarang, tentu saja multimedia sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam kegiatan di berbagai bidang. Tanpa multimedia, kegiatan kita akan terhambat dan produktivitas kita tidak akan maksimal. Maka dari itu kita butuh untuk memanfaatkan multimedia disetiap kegiatan untuk meningkatkan produktivitas. Kini multimedia telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang, seperti Teknik, Kedokteran, Bisnis, Hiburan, Pendidikan, Pertanian, dll.
Untuk dapat memanfaatkan multimedia dengan maksimal, maka kita perlu mengetahui klasifikasi multimedia. Klasifikasi multimedia sangat penting agar kita dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan bidangnya. Ada dua macam kategori multimedia seperti multimedia linier dan multimedia interaktif. Sedangkan klasifikasi Multimedia menurut ISO93a adalah Perception Medium Representation Medium Presentation Medium Storage Medium Transmission Medium Information Exchange Medium.
PENDAHULUAN
Dalam hidup, manusia senantiasa memiliki kebutuhan untuk berhubungan dengan manusia lainnya. Sebagai manusia kita memiliki rasa ingin tahu akan kondisi lingkungan sekitar, dan kondisi sosial didalamnya. Rasa ingin tahu ini yang mendorong manusia untuk berkomunikasi satu sama lain.
Sebagai makhluk sosial, kini intensitas komunikasi yang dilakukan antar manusia semakin tinggi. Ada banyak faktor yang menyebabkan tingginya intensitas dalam komunikasi ini, diantaranya faktor pekerjaan, faktor pendidikan, dan lainnya. Komunikasi pun tidak hanya dilakukan antar dua individu, tetapi dilakukan antar individu dalam suatu kelompok. Dan untuk menunjang komunikasi ini dibutuhkan sebuah media yang mampu memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Multimedia dapat dijadikan metode utama yang dapat digunakan. Multimedia dapat menambah efektifitas dan memudahkan komunikasi antar manusia.
Saat ini aplikasi multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini, informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan audio/video. Audio/video, gambar, teks, grafik serta animasi telah diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang promosi maupun pendidikan yang dapat digunakan sebagai alat tutorial yang canggih.
Selain itu, kemajuan yang demikian pesat dalam teknologi Telekomunikasi dan dan Informatika (Telematika), mendorong manusia untuk selalu merasa “ingin tahu” dan ingin mengetahu informasi secara cepat. Teknologi yang memungkinkan untuk
hal itu adalah melalui media internet. Dengan menggabungkan teknologi internet serta multimedia dapat dihasilkan sebuah aplikasi yang bersifat mudah disebarkan, interaktif serta dapat melakukan kolaborasi. Secara teknis, pengertian multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video dan
animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi atau berkolaborasi.
ISI
I. Pengertian Multimedia [2]
Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua kata, yaitu multi dan media. Multi banyak, sedangkan media artinya adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan (perantara). jadi multimedia adalah perantara pesan yang terdiri lebih dari 1 elemen atau banyak.
Dalam pengertian lain, Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu.
Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli [3]:
• Menurut McCormick (1996)Multimedia adalah kombinasi tiga elemen, suara, gambar.
• Menurut Rosch (1996)Multimedia sebagai kombinasi dari komputer dan video.
• Menurut Gumelar (2014)Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools (alat bantu) dan link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya dan berkomunikasi.
• Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
• Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
• Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sesuai dengan namanya, suatu media dapat dikatakan multimedia jika terdiri dari 2 atau lebih elemen. Sebagai contoh, sebuah brosur dapat dikatakan multimedia karena ia terdiri dari elemen teks dan gambar. Sebuah video klip dapat dikatakan media karena terdapat unsur suara, gambar atau juga teks. Ini berbeda dengan misalnya rekaman suara kaset. Ia tidak bisa dikatakan multimedia karena hanya mengandung 1 elemen, yakni suara [2].
II. Klasifikasi Multimedia
II.1. Klasifikasi media berdasarkan ISO93a
Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :[1]
1. Perception Medium
a. Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya.
b. Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” Persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran.
c. Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan“mendengar”.
Aspek pada perception medium :
i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata.
- Kertas, layar.
- Slide show, power point.
ii. Aspek Representative Values: nilai‐nilai yang terkandung dalam presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau.
- Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh.
iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space).
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda).
2. Representation Medium
- Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer.
- “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
- Text : ASCII dan EBCDIC.
- Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext.
- Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit.
- Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG.
- Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG).
3. Presentation Medium
- Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
- “Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
Output : kertas, layar, speaker.
Input : keyboard, mouse, kamera, microphone.
4. Storage Medium
- Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer).
- “Dimanakah informasi akan disimpan?” microfilm, floppy disk,hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard.
5. Transmission Medium
- Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan).
- “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless).
6. Information Exchange Medium
- Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi.
- “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, ebook, forum.
II.2. Klasifikasi multimedia berdasarkan variable [3]
Pengelompokkan multimedia menggunakan variabel yang cukup bervariasi. Berdasarkan sifat penggunaannya, komunikasi multimedia dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu multimedia interaktif, hiperaktif, dan linier. Berikut penjelasan masing-masing jenis tersebut.
- Multimedia interaktif. Adalah jenis multimedia yang memungkinkan pengguna dapat mengontrol komponen-komponen di dalamnya. Tipe ini lebih mengutamakan personalisasi pemakain multimedia sesuai keinginan penggunanya.
- Multimedia hiperaktif. Merupakan jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antara setiap komponen multimedia. Sifatnya juga interaktif, sehingga pengguna dapat memilih asupan informasi sesuai selera melalui tautan yang tersedia.
- Multimedia linier. Adalah jenis multimedia yang bersifat tidak interaktif. Artinya pengguna hanya bisa menikmati sajian informasi secara linier, tanpa memiliki kesempatan untuk mengontrolnya sendiri.
II.3. Klasifikasi multimedia lainnya[4]
1. Multimedia presentasi pembelajaran
Sesuai dengan namanya, multimedia jenis ini dianggap sebagai alat bantu guru dalam proses belajar mengajar dan tidak sebagai pengganti guru. Contoh dari jenis multimedia ini adalah Microsoft Power Point.
2. Multimedia pembelajaran mandiri
Sama halnya dengan multimedia nomor 4 yang ada diatas dimana jenis multimedia ini bisa digunakan siswa tanpa harus didampingi atau diawasi oleh guru. Mengapa disebut multimedia pembelajaran mandiri? Ini dikarenakan multimedia tersebut terdiri dari fitur assemen untuk latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah misalnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
3. Multimedia kits
Ini adalah kumpulan bahan pengajaran atau pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir di sekitar satu topik.
Ini juga dirancang untuk membantu para guru untuk mengembangkan keterampilan dalam penggunaan multimedia dalam melibatkan dan menginspirasi siswa serta meningkatkan pembelajaran berbasis kurikulum di kelas. Ini bertujuan memberikan panduan komprehensif untuk jenis multimedia yang tersedia bagi siswa dan mengontekstualisasikan kesempatan ini untuk pengajaran yang efektif.
Contoh multimedia ini adalah termasuk CD-ROM, slide, audiotape, videotape, gambar diam, cetakan studi, transparansi overhead, peta, lembar kerja, bagan, grafik, booklet, objek nyata, dan model
4. Hypermedia
Hypermedia adalah media yang tidak hanya menampilkan teks saja, akan tetapi juga mengikut sertakan foto, audio dan video serta grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.
5. Virtual realitas
Virtual reality (VR) adalah skenario yang dihasilkan komputer yang mensimulasikan pengalaman melalui indra dan persepsi. Lingkungan imersif mirip dengan dunia nyata atau fantastis, menciptakan pengalaman yang tidak mungkin dalam fisik biasa. Sistem argumented reality juga dapat dianggap sebagai bentuk VR yang melapisi informasi virtual melalui kamera langsung ke headset atau melalui smartphone atau perangkat tablet yang memberikan pengguna untuk dapat melihat gambar tiga dimensi.
KESIMPULAN
Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu. Multimedia kini telah merambah ke segala aspek kehidupan. Perkembangan teknologi digital turut mendukungnya. Kemajuan ini memberikan manfaat luar biasa. Multimedia dimanfaatkan di segala bidang untuk berbagai keperluan, di antaranya sebagai sarana Informasi berupa instansi pelayanan publik lebih mudah menyebarkan informasi dengan multimedia. Hanya memerlukan infrastruktur perangkat yang memadai untuk dipasang di lokasi strategis. Di mana publik bisa langsung mengakses dan memperoleh informasi dengan mudah. Ada dua macam kategori multimedia seperti multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang tidak adanya alat kontrol apapun yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Multimedia tersebut bekerja secara berurutan seperti TV dan film. Dan multimedia interaktif merupakan kebalikan dari Multimedia linier yaitu multimedia yang disertai oleh alat kontrol seperti komputer, mouse, keyboard dan lain sebagainya untuk dapat digunakan oleh pengguna agar bisa memilih berdasarkan apa yang diinginkan. Sedangkan klasifikasi Multimedia menurut ISO93a adalah Perception Medium Representation Medium Presentation Medium Storage Medium Transmission Medium Information Exchange Medium.
Daftar Isi
[1]. Nesabamedia. (2014, 3 Desember)Sistem Multimedia. Diperoleh 27 April 2020, darihttp://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/37078/Minggu+1.pdf
[2]. Vivi. (2018, 20 Februari) Pemanfaatan Multimedia Dalam Berbagai Bidanng. Diperoleh 7 April 2020, dari http://www.dgspeak.com/pemanfaatan-multimedia-dalam-berbagai-bidang/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar